Senin, 15 Juli 2013

Geometri part 1

Salam Pendidikan !!
Untuk Postingan saya kali ini adalah tentang istilah-istilah dasar pada Geometri..
Sudah Tahukah Kalian apa yang dimaksud dengan: Definisi, Postulat, Aksioma, Teorema, Dalil, Lemma, Corollary, Konjektur, dan juga Proposisi ????
Pada dasarnya mendefinisikan suatu kata adalah penting sebab: definisi tersebut dibentuk untuk keperluan manusia dalam kaitannya dengan diskusi, dan juga setiap definisi yang telah ditetapkan, tidak dapat diubah oleh sembarang salah satu unsurnya yang tidak memperhitungkan yang lain dalam kelompoknya.
  1. Definisi, dibuat dengan hanya menggunakan konsep yang tak terdefinisi dan atau konsep yang telah didefiniskan sebelumnya. Sifat-sifat definisi yang harus ada adalah sebagai berikut:
    • Kata yang didefinisikan harus ditempatkan dalam kelasnya, pertama-tama kelas yang menunjukkan kumpulan (koleksi) dan memiliki kesamaan sifat.
    • Perlu menunjukkannya bilamana kata yang didefinisikan tersebut berbeda dari yang lain di dalam kelasnya; hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan frase (phrase).
    • Kata-kata di dalam definisi harus sesederhana mungkin, daripada yang didefinisikan.
    • Suatu definisi harus dapat dibalikkan.
    Menurut jenisnya, definisi terbagi atas definisi demonstratif dan konotatif. Sedangkan untuk kata yang lebih sederhana, selanjutnya tidak didefinisikan seluruhnya. Kata yang dimaksud seperti kata pertama, istilah primitif, atau unsur dasar istilah, lebih sederhana disebut istilah yang tidak didefinisikan.Bila suatu kata tersebut didefinisikan, berarti mengklasifikasikan, sedangkan bila suatu kata tersebut dijelaskan, sifat-sifat kata itu diketahui tanpa mengklasifikasikan. 
  2. Postulat, adalah pernyataan matematika yang disepakati benar tanpa pembuktian.
  3. Proposisi, adalah hubungan yang logis antara dua konsep. Contoh : dalam penilitian mengenai mobilitas penduduk, proposisinya berbunyi “proses migrasi tenaga kerja ditentukan oleh upah". Dalam penelitian sosial dikenal ada dua jenis proposisi; yang pertama aksioma atau postulat, yang kedua teorema. Aksioma ialah proposisi yang kebenarannya sudah tidak lagi dalam penelitian; sedang teorema ialah proposisi yag dideduksikan dari aksioma.
  4. Teorema, adalah suatu pernyataan matematika yang masih memerlukan pembuktian dan pernyataan itu dapat ditunjukkan bernilai benar.
  5. Lemma, adalah teorema sederhana yang dipergunakan sebagai hasil-antara dalam pembuktian teorema lain.
  6. Corollary, adalah suatu proposisi yang secara langsung diperoleh dari teorema yang sudah dibuktikan.
  7. Konjektur, adalah suatu pernyataan yang nilai kebenarannya tidak diketahui. Setelah pembuktian berhasil dilakukan, maka konjektur berubah menjadi teorema.
Nah, itulah beberapa istilah dasar yang nantinya akan kita temukan di mata kuliah Geometri, Semoga bermanfaat ya..
Untuk Materi Geometri akan segera saya posting..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar